JAMKESDADUK

PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN DASAR 
PENDUDUK KAB. KOTAWARINGIN BARAT  POSKESDES/PUSTU  SIDOMULYO
KEC. PANGKALAN BANTENG 

PESERTA PROGRAM JAMKESDADUK TERDIRI DARI :

a    Setiap Orang yang menjadi penduduk Kabupaten Kotawaringin Barat yang mempunyai bukti diri yang sah ( KTP untuk Orang dewasa dan KK untuk Anak yang belum dewasa ), dikecualikan bagi penduduk yang telah memiliki Jaminan kesehatan lainnya ( Jamkesmas, Jamsostek / Karyawan Perusahaan, Askes dan sejenisnya )                                             
b    Anak ketiga dan seterusnya PNS ( yang tidak menjadi tanggungan Jaminan Kesehatan PT Askes                                                     
c    Bayi baru lahir dari peserta Jamkesdaduk yang dibuktikan dengan surat keterangan oleh pejabat yang berwenang                                        
           
TATA LAKSANA PELAYANAN JAMKESDADUK SEBAGAI BERIKUT :

a Pasien wajib memperlihatkan KTP Kab. Kotawaringin Barat dan KK untuk mendapatkan pelayanan
b Jamkesdaduk hanya dapat diberikan oleh Puskesmas dan jaringan pada jam kerja, kecuali persalinan oleh Bidan tidak dibatasi jam kerja
c Persalinan hanya dilakukan disarana kesehatan ( Puskesmas, Puskesmas Rawat Inap, Pustu, Polindes / Poskesdes )
d Untuk mendapatkan pelayanan rawat inap di Puskesmas rawat inap, pasien harus menyerahkan surat rujukan untuk dirawat dari pustu / polindes dan poskesdes yang merujuk
e Jaminan untuk mendapat persalinan berlaku untuk anak pertama sampai dengan anak ketiga yang hidup
f Puskesmas dan jaringan akan memberikan pelayanan kesehatan dasar sesuai kebutuhan dan standart pelayanan. Pelayanan lebih ditekankan pada peleyanan promotif dan preventif ( dalam bentuk konseling ) selain pengobatan terhadap penyakit yang dideritanya
g Pasien atau anggota keluarganya menandatangani formulir kunjungan bukti telah mendapatkan pelayanan dipuskesmas jaringannya
h Pasien dapat ditolak untuk mendapat pelayanan atau dapat dikenakan biaya apabila tidak sesuai dengan aturan / prosedur yang ditetapkan

KESEHATAN YANG TIDAK DIJAMIN  : 

a    Pelayanan kesehatan yang tidak sesuai dengan prosedur dan ketentuan                                                     b    Bahan alat dan tindakan yang bertujuan untuk kosmetik                                                     
c    Protesis, gigi tiruan, alat bantu dengar, alat bantu gerak dan sejenisnya                                                     d    Penunjang diagnostic, seperti : pemeriksaan gula darah, golongan darah, tes kehamilan dan nebulaser        e    Pengobatan alternatif                                                     
f    Pelayanan kontrasepsi ( suntik KB ) pemberian pil KB, Inplan dan IUD                                                    g    Obat - obatan diluar Inpres                                                   

JADWAL PELAYANAN

JADUAL KEGIATAN
POSKESDES  SUNGAI BENGKUANG
DESA SUNGAI BENGKUANG - KEC. PANGKALAN BANTENG

HARI
 
KEGIATAN
 
Senin





Pelayanan KIA, KB dan Pengobatan
selasa





Pelayanan Pemeriksaan Gigi dan Pengobatan
Rabu





Pelayanan KIA, KB, ANC dan Pengobatan
Kamis





Pelayanan UKS Pengobatan dan Penyuluhan
Jumat





Pencatatan dan Kesehatan Lingkungan
Sabtu





Pely. Pengobatan, Kunjungan Rumah dan Penyuluhan
 

MASALAH KESEHATAN

FAKTOR YANG BISA TIMBUL PADA MASALAH KESEHATAN :   

1.    ADANYA BIBIT PENYAKIT
2.    LINGKUNGAN YANG MENYEBABKAN BERKEMBANGNYA BIBIT   PENYAKIT
3.    PERILAKU HIDUP MANUSIA 

PUSTU

Pelayanan Kesehatan Pustu Sidomulyo :

Emergency / Gawat darurat Pengobatan Umum Pengobatan  Jamkesdaduk Pengobatan Gigi Pelayanan KB Khitanan Kunjungan Rumah Pemeriksaan LAB

UKK DELIMA

Pelayanan Pos UKK “ Delima “ Kegiatan    : 

Penyuluhan  tentang  keselamatan kerja Penggalangan Dana oleh kader dengan sasaran Rp. 2500 /kk/bulan tmt januari 2010, Untuk  menunjang operasional kegiatan dan obat obatan  Pelayanan pengobatan 1x dalam seminggu dan 24 jam untuk kasus emergensi Kunjungan rumah dan bakti soial   Manfaat    : Warga  lebih bisa melakukan tindakan antisifasi kecelakaan akibat kerja Segera Mendapatkan tindakan  pertama pada kasus kecelakaan kerja Mendapatkan  biaya yg lebih ringan.

DESA SIAGA

Pelayanan Desa Siaga Sidomulyo :

Survei Mawas Diri  (SMD ) Tanggap darurat  dengan  melakukan pemantauan pada wilayah kerja  oleh kader   yg  tersebar ditiap lingkungan RT 1s/d RT 10 Upaya Penanganan  pertama pada setiap  kejadian  Sistim rujukan dilakukan dengan menggunakan mobil ambulan alternatif yg  sudah ditunjuk dan siap  melayani 24 jam Kebersihan  lingkungan / Gotong royong  Penempatan Pos Obat /P3K  yang  dikoordinir  oleh Kader  yang  berada di wilayah kerjanya masing masing Menciptakan dan selalu menjaga rasa kebersamaan dengan membentuk kelompok yasinan , sholawatan dan arisan  1x  sebulan Melakukan penggalangan dana yang telah menjadi kesepakatan antara Pemerintahan Desa , Tokoh agama, tokoh masyarakat dan petugas lintas sektor  sebesar Rp  5.000/KK/bulan untuk menunjang kegiatan dan  rencana  pembelian Ambulan Desa  disamping  juga  meminta  dukungan  partisifasi  Perusahaan  sekitar.

POSYANDU

Pelayanan Posyandu :

Antara Lain
1. Penyuluhan
2. Pemberian Susu Anline
3. Pengobatan
4. Pemeriksaan Laboratorium
5. Konsultasi

FASILITAS SARANA KESEHATAN

Tenaga Kesehatan yang ada
  • Perawat                             :  1  orang
  • Bidan                                 :  1  orang
  • Kader Poskesdes              :  12  orang 
  • Kader Aktif                       :  2  orang
  • Kader Lapangan               :  10  orang
  • Kader Posyandu                :  7  orang
  • Kader Posbindu  Lansia    :  7  orang

Dana Operasional  Kegiatan
Operasional kegiatan Desa siaga / rencana pembelian Ambulan Desa dan Pos UKK bersumber dari :
  - Anggaran Desa ( ADD Desa)
  - Dana Iuran Warga Rp 5000/bulan dengan rincian :
    Rp 2.500  ( Desa Siaga )
    Rp 2.500  ( Pos UKK )
  - Donatur Perusahaan PT Astra dan PTPN XIII

INFRASTRUKTUR KESEHATAN

Fasilitas dan Sarana Kesehatan


1. Fisik
• Puskesmas Pembantu  :       1    Buah
• Poskesdes  :       1    Buah         
• Gedung Posyandu “Mandiri”     :       1    Buah
  ( Sumber ,Swadaya Masyarakat dan Pemerintah Daerah )
• Gedung Posbindu “ Lestari “   :       1    Buah 
  ( Sumber Dana Swadaya dan PNPM 2010 )
• Kendaraan Roda 2  :        1    Unit
   (Sumber : Dinkes Kab. Kotawaringin Barat)

SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT

Kependudukan
 
Jumlah Kepala Keluarga  :  426   Jiwa
Lakilaki  :  719  Jiwa
Perempuan  :  676  Jiwa
Jumlah Penduduk  :  1395  Jiwa

Gambaran  Sosial Ekonomi 

Mata Pencaharian penduduk

a. Petani Kebun Karet    :  548  Orang

b. Peternakan / Perikanan  :  11   Orang

c. Wiraswasta     :  13  Orang

d. Pengrajin / Tukang      :  5  Orang

e. Pedagang  :  26  Orang

f.  PNS    :  7  Orang

g. Karyawan swasta    :  46  Orang

h. Lain-lain    :  21  Orang
 


Mata Pencaharian
Dibidang Perkebunan Karet  ( 91 % ) dan Lainnya (9 %

 

GOAGRAFIS DESA

Geografis Desa

Luas  Wilayah   kerja  Puskesmas   Pembantu  Lebih  Kurang  500 Ha.  Lahan Pertanian 187,5 Ha dan areal tempat tinggal Pemukiman 62,5 Ha. Sebagian besar dataran tinggi,  tanahnnya  berupa  tanah  merah ke kuning-kuningan dan berpasir  ( Assosiasi regosal dan Podsolik ) yang dikelola oleh  PTPN XIII untuk perkebunan karet,   masing-masing Kepala Keluarga mendapat 2 Ha lahan, 3/4 lahan pertanian dan 1/4 Ha untuk  tempat tinggal/pemukiman. 

Batas - batas wilayah Puskesmas Pembantu Sidomulyo :

Sebelah Utara   :   Desa Sungai Kuning
Sebelah Selatan   :  Jln. Poros P. Bun-Sampit
Sebelah Barat   :   Desa Sungai Bengkuang
Sebelah  Timur   :   Desa Arga Mulya